Kamis, 27 Agustus 2020

Teknik Struktur, bagian dari ilmu Teknik Sipil.

Menara Eiffel ditepi sungai Seine, Paris, Prancis. Merupakan menara besi dengan teknik struktur, yang memiliki keistimewaan dalam perkembangan dunia ilmu teknik sipil.


Teknik Struktur adalah bidang ilmu teknik yang berhubungan dengan analisis dan desain struktur yang menyokong atau menahan beban. Teknik struktur biasanya berada di dalam teknik sipil, tetapi juga bisa terpisah.

Insinyur teknik struktur biasanya terlibat dalam desain bangunan dan struktur non-bangunan yang besar, tetapi mereka juga bisa terlibat dalam desain mesin, peralatan medis, dan kendaraan, atau benda lainnya yang terkait dengan integritas struktural yang terkait dengan fungsi atau keamanan benda tersebut. Insinyur teknik struktur harus memastikan desain mereka sesuai dengan kriteria desain, berdasar pada keamanan atau performa bangunan.

Teori teknik struktur berdasar pada hukum fisika dan pengetahuan empiris, mengenai performa struktur berdasarkan material dan geometri tertentu. Teknik struktur disarankan membuat desain yang sesederhana mungkin, dengan tidak meninggalkan tujuan awal dibuatnya struktur, terutama jika terkait dengan efisiensi pendanaan atau keterbatasan ruang.



Link reference: Teknik Struktur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar