Senin, 31 Agustus 2020

Momen Gaya Pada Balok Beton Bertulang.

Momen Gaya Pada Balok Beton

Momen (M=Ton.Meter) merupakan perkalian beban gaya (P=Ton) dengan jarak lengan (L=Meter). Jika sebuah balok beton (tanpa tulangan) ditumpu oleh tumpuan sederhana (sendi dan rol), dan di atas balok beton bekerja beban terpusat P serta beban merata q, maka akan menimbulkan momen luar, sehingga balok beton akan melengkung ke bawah.


Balok beton tanpa tulangan.

Sifat beton kuat terhadap gaya tekan, tetapi lemah terhadap gaya tarik. Jika beban yang dipikulnya menimbulkan tegangan tarik yang melebihi batas kuat tariknya, mengakibatkan beton mengalami keretakan.

Pada balok beton yang melengkung ke bawah akibat beban luar yang terjadi, pada dasarnya ditahan oleh kopel gaya-gaya dalam, yang berupa tegangan tekan dan tarik. Jadi pada serat-serat balok beton bagian tepi atas akan menahan tegangan tekan, dan semakin ke bawah tegangan tersebut akan semakin kecil. Sebaliknya, pada serat-serat bagian tepi bawah akan menahan tegangan tarik, dan semakin ke atas tegangan tariknya akan semakin kecil pula. Dan pada tengah bentang (garis netral) , serat-serat beton tidak mengalami tegangan sama sekali, maka tegangan tekan dan tarik = 0.

Jika beban diatas balok beton terlalu besar, maka garis netral bagian bawah akan mengalami tegangan tarik yang besar, dapat mengakibatkan retak pada balok beton bagian bawah. Kondisi ini terjadi pada daerah beton yang momennya besar, yaitu pada daerah lapangan atau tengah bentang.


Balok Beton dengan tulangan

Untuk menahan gaya tarik yang besar pada serat-serat balok beton bagian tepi bawah, maka perlu diberi baja tulangan sehingga disebut “beton bertulang”. Pada balok beton bertulang, tulangan ditanam sedemikian rupa, sehingga gaya tarik yang dibutuhkan untuk menahan momen pada penampang retak dapat ditahan oleh baja tulangan.

Karena sifat beton yang tidak kuat terhadap tarik, maka balok beton yang menahan tarik (di bagian bawah garis netral) akan ditahan oleh tulangan, sedangkan bagian yang menahan tekan (di bagian atas garis netral) akan ditahan oleh beton.


Fungsi utama beton dan besi baja tulangan:

1. Fungsi utama beton:
-Menahan beban/gaya tekan.
-Dan menutup besi baja tulangan agar tidak berkarat.

2.Fungsi utama besi baja tulangan:
-Menahan gaya tarik.
-Dan mencegah retak beton agar tidak melebar.


Link reference: Momen gaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar